Prosedur Pengajuan Keberatan

Prosedur Pengajuan Keberatan

Persyaratan Pengajuan Keberatan

  1. Pemohon informasi publik dapat mengajukan keberatan secara tertulis kepada PPID paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah ditemukannya alasan sebagai berikut :
    1. penolakan atas permohonan informasi publik;
    2. tidak disediakannya informasi berkala;
    3. tidak ditanggapinya permohonan informasi publik;
    4. permohonan informasi publik ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
    5. tidak dipenuhinya permohonan informasi publik;
    6. pengenaan biaya yang tidak wajar; dan/atau
    7. penyampaian informasi publik yang melebihi waktu.
  2. Pengajuan keberatan dilakukan dengan cara mengisi formulir keberatan yang disediakan beserta alasan sebagaimana dimaksud.
  3. Pemohon Keberatan harus menyertakan dokumen Surat tanggapan/jawaban permohonan informasi dari PPID.
  4. Pengajuan keberatan dapat di sampaikan secara tertulis, melalui surat elektronik, atau melalui sistem layanan informasi resmi Kementerian Agraria dan Tata Ruang/ Badan Pertanahan Nasional; Formulir dapat di Unduh disini

Bagan Pengajuan Keberatan

​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​​

Bagan Pengajuan Keberatan Online

Untuk mengajukan permohonan keberatan secara Online pemohon harus memenuhi persyaratan sebagai berikut :

  • Penolakan atas permohonan informasi publik;
  • Tidak disediakannya informasi berkala;
  • Tidak ditanggapinya permohonan informasi publik;
  • Permohonan informasi publik ditanggapi tidak sebagaimana yang diminta;
  • Tidak dipenuhinya permohonan informasi publik;
  • Pengenaan biaya yang tidak wajar;
  • Dan/atau penyampaian informasi publik yang melebihi waktu.

dan berikut tata cara permohonan keberatan secara online: 

  • Pemohon dapat login melalui link https://ppid.atrbpn.go.id/bpn/register, dengan memasukkan username dan password, kemudian Klik dashboard pemohon untuk melihat jawaban permohonan informasi publik yang telah diajukan;
  • Apabila pemohon merasa keberatan dengan jawaban/informasi, maka pemohon dapat memberikan tanggapan "Tidak Puas" kemudian ajukan keberatan kepada PPID paling lambat 30 (tiga puluh) hari kerja setelah menerima jawaban permohonan informasi, dengan klik tombol keberatan;
  • Pemohon mengisi formulir keberatan online seacara lengkap, dengan menyertakan dokumen surat tanggapan/jawaban permohonan informasi dari PPID serta alasan mengajukan keberatan.
  • Setelah selesai mengisi formulir keberatan secara lengkap, klik tombol "Submit" berwarna biru.
  • Permohonan keberatan pemohon akan diproses oleh admin PPID. PPID akan menyampaikan tanggapan/jawaban/dokumen informasi keberatan kepada pemohon dalam waktu paling lambat 30 hari kerja sejak diterimanya keberatan secara online